Jumat, 05 April 2013

Robot


Robot
dok
Kalian pasti pernah melihat robot. Lantas, apa pendapat kalian terhadap robot mainan tersebut, unik atau canggih?

Bagi sebagian orang, robot atau mainan robot identik dengan anak laki-laki. Akan tetapi, terlepas dari anggapan tersebut, robot juga kerap dimainkan anak perempuan, bahkan orang dewasa sekalipun.

Perlu kalian ketahui pula, ada robot yang didesain untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya robot itu digunakan untuk keperluan berulang, seperti dalam sebuah industri untuk memproduksi suatu barang tertentu.

Selain itu, robot juga digunakan untuk pekerjaan yang berbahaya seperti penjinak bom. Tidak hanya itu, robot juga sering dimanfaatkan dalam pekerjaan berat, yaitu untuk mengangkat beban yang tidak bisa dikerjakan oleh manusia. Robot-robot tersebut biasanya dikembangkan di lembaga pendidikan dan penelitian semisal perguruan tinggi.

Kata robot sendiri berasal dari bahasa Ceska, yaitu "robota" yang berarti suatu benda atau mesin yang bekerja tanpa henti tanpa mengenal bosan dan lelah. Berdasarkan tugas dan beberapa manfaatnya, robot dapat didefenisikan sebagai mesin mekanik yang dapat mengerjakan segala jenis pekerjaan manusia, baik dengan pengawasan atau tanpa pengawasan (remote control-control program) yang dapat bekerja secara otomatis. frans ekodhanto

Jenis-jenis

Berdasarkan keberadaannya, robot terbagi atas tiga bagian.

a. Robot yang bergerak di tanah (land-based robot): Merupakan robot yang berjalan dengan menggunakan kaki atau roda.

b. Robot air dan udara (non land-based robot): Merupakan robot yang bekerja di dalam air dan di langit atau udara. Untuk bisa beraktivitas di air dan udara, robot semacam ini biasanya menggunakan mesin pendorong dan juga baling-baling sebagai bahan dasar penggerak.

c. Robot yang beroperasi di segala medan (all terrain robot): Merupakan jenis robot yang bisa beroperasi di darat (berjalan) di dalam air (menyelam) juga di udara (terbang). Namun jenis robot ini, jumlahnya tidak lebih banyak dari robot-robot lainnya.


Cara Membuat Robot

Bahan

Di rumah, kalian juga bisa membuat robot sendiri dengan bantuan orang tua. Untuk itu, siapkan beberapa bahan seperti berikut.

1. Dua baterai beserta tempatnya
2. Dua saklar (micro switch)
3. Klip kertas
4. Dua buah dinamo (misal dari mobil tamiya 4WD)
5. Butiran hitam (plastik)
6. Konektor
7. Dua buah kabel bekas berwarna merah dan hitam
8. Tutup botol plastik

Sumber http://www.instructables.com

Tahap pembuatan
Untuk membuatnya, mula-mula letakkan saklar dan lem di atas tempat baterai. Usahakan kedua ujung saklar saling bersentuhan sebelum kemudian untuk disolder atau direkatkan. Selanjutnya, rekatkan kedua dinamo pada baterai. Pastikan kedua dinamo yang kalian rekatkan tersebut dalam keadaan miring. Lalu solder ujung saklar dengan dinamo yang berada di sebelah kiri. Lalu, kaitkan ujung dinamo bagian kiri dengan ujung dinamo bagian kanan dengan menggunakan kabel.

Tahapan selanjutnya sambungkan kabel dinamo pada bagian belakang baterai dengan cara menyolder. Setelah itu, hubungkan kabel berwarna merah yang sudah kalian kaitkan terlebih dahulu pada baterai, sebelum kemudian dikaitkan kembali pada saklar dan kabel hitam di tengah saklar. Agar lebih mudah, untuk menghubungkan kabel tersebut, kalian bisa melakukannya dengan cara menyolder.

Kemudian sambungkan kabel dari dinamo ke bagian belakang tempat baterai dengan menyolder. Setelah itu, sambungkan kabel merah tempat baterai ke kaki atas saklar dan kabel hitam tempat baterai ke kaki tengah saklar dengan menyoldernya.

Agar bisa berjalan, luruskan klip dengan menggunakan tang penjepit. Kemudian lipat kembali dengan lipatan sesuai ukuran yang dibutuhkan. Lalu masukkan ke dalam lubang butiran dan rekatkan dengan lem pada bagian belakang baterai.

Tahap selanjutnya membuat antena dari klip kertas. Klip yang sudah lurus agak dilengkungkan kembali, sebelum akhirnya diletakkan pada konektor terminal jepit.


Barulah setelah itu kalian bisa membuat badan robot dari bahan dasar tutup botol plastik. Sebelum akhirnya badan dan mesin disatukan dan siap untuk dimainkan.


Yang pasti, untuk membuat robot, kalian harus mau dan berani mencoba. Selain bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah didapat, cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Bagaimana kawan-kawan? Apakah kalian sudah siap mencoba? Selamat bereksperimen dan bermain.
Sumber grafis: http://www.roci.or.id


Fakta-fakta

Leonardo da Vinci (1452-1519) membuat sketsa robot humanoid sekitar 1495.

Pada 1926, Westinghouse Electric Corporation menciptakan Televox, robot pertama yang didesain untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Pada 1928, robot pertama di Jepang, Gakutensoku, dirancang dan dibangun oleh ahli biologi Makoto Nishimura.

Robot pertama otonom elektronik dengan perilaku kompleks diciptakan oleh William Grey Walter dari Burden Neurological Institute di Bristol, Inggris, pada 1948-1949. Robot itu diberi nama Elmer dan Elsie. Robot ini dapat merasakan cahaya dan kontak dengan objek-objek eksternal, dan menggunakan ini rangsangan untuk navigasi.

Pada 1954, George Devol merakit robot modern pertama bernama Unimate yang dioperasikan dan diprogram secara digital. Robot ini dapat mengangkat potongan logam panas dari mesin. frans ekodhanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar